Senin, 10 Maret 2014

Pengunaan TeamViewer

TeamViewer adalah aplikasi yang digunakan untuk mengontrol sebuah komputer. Dengan aplikasi TeamViewer, kita harus terkoneksi dengan komputer lain dengan memanfaatkan jaringan internet.
Disini kita akan membahas dua fungsi TeamViewer yaitu
1.TeamViewer sebagai remote control
2.TeamViewer sebagai file transfer

Baiklah kita akan mulai membahas pengunaan TeamViewer sebagai remote control.
Pertama-tama buka TeamViewer yang telah diinstal seta hidupkan koneksi internet. Akan ada 2 buah tab diantaranya adalah Remote Control dan Meeting. Pada Tab remote control terbagi lagi menjadi 2 kolom yaitu Allow Remote Control dan Control Remote Computer.  Allow remote control adalah fungsi untuk memberikan akses kepada orang lain untuk meremote komputer atau laptop kita. Di bagian Allow remote control ini tedapat 2 buah field yang berisi ID dan juga password untuk mengendalikan komputer kita. Untuk ID pada setiap komputer atau laptop tidak akan pernah berubah, tetapi untuk password akan selalu berubah setiap kali kita merefresh.


Fungsi dari remote control adalah dimana kita bisa mengendalikan komputer orang lain,  Pertama kita pilih menu remote control terlebih dahulu, kita pilih ID patner untuk kita mulai memasukan ID komputer yang akan dikendalikan.



 Setelah memilih id patner, lalu klik tombol connect to patner 


Maka akan tampil massage box untuk memasukan password partner yang akan kita control device nya.


Setelah memasukan password maka kita akan langsung terhubung dengan device partner dan kita mulai dapat mengcontrol device mereka, seperti pada gambar dibawah ini.  


Selanjutnya kita akan mencoba fungsi kedua dari TeamViewer yaitu File Transfer, pada bagian tammpilan utama tadi, kita pilih File Transfer pada control remote komputer, kemudian klik tombol connect to partner seperti pada gambar dibawah ini :


 Masukan kembali password Partner


Setelah memasukan password partner seperti sebelumnya, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :
Pada gambar diatas dapat terlihat device local computer dan juga device remote computer.


Selanjutnya kita memilih file yang akan kita sharing, atau kita butuhkan. Dengan memilih folder yang terdapat pada remote control device. Seperti pada gambar dibawah ini :


Setelah kita memilih file mana yang akan kita ambil, kita memilih direktori kita sendiri untuk menyimpan file yang akan kita ambil tersebut. Seperti pada gambar dibawah ini : 


 Kemudian tunggu sampai proses loading penyimpanan file selesai, seperti pada gambar dibawah ini :


Setelah selesai maka file telah berhasil di transfer


Demikianlah penjelasan mengenai fungsi dari TeamViewer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar